Yang Unik Di Balikpapan

  • Kota Balikpapan adalah kota yang berbukit-bukit boskuh ,jadi banyak tempat di sana yang dinamakan gunung-gunung. Contohnya: gunung sari, gunung bakaran, gunung kawi, gunung malang, gunung tembak, dan lain- lain. Padahal tempatnya bukan gunung betulan tapi cuma bukit. Cuaca di Balikpapan juga gak sama dengan di Malang boskuh. cuaca di sana kalau siang panas terik dan kalau malam dingin menusuk. Berbeda dengan malang yang kalau menurut saya mau pagi, siang, atau malam tetap dingin, yah itu sih menurut saya hehe. Kota Balikpapan juga berbatasan langsung dengan laut boskuh. Di belakang rumah saya saja sudah pantai, jadi kalau mau liat laut gak usah pergi jauh-jauh cukup ke belakang rumah saja. Biasanya pantai menjadi salah satu spot anak muda Balikpapan buat nongkrong bareng. Selain itu bangunan di Balikpapan juga masih belum terlalu banyak, sehingga masih banyak tempat-tempat seperti padang rumput atau bukit-bukit yang bagus untuk di jadikan spot buat berfoto boskuh. Pokoknya Balikpapan Da Best dah!!

  • Sebagian besar warga yang tinggal di Balikpapan adalah pekerja, baik  di swasta maupun negeri.  Sehingga sangat jarang kita melihat unjuk rasa-unjuk rasa seperti yang kita lihat TV. Dan kalau pun ada mungkin itu event langka yang terjadi satu tahun atau dua tahun sekali wkwkwk. Jadi bisa di bilang kalau balikpapan itu kota yang tenang dan aman. Di Balikpapan juga jarang terjadi macet boskuh, jadi di sana kamu tidak akan menemukan “Pak Ogah” seperti yang banyak di Malang dan kota-kota besar lainnya. Di sekitar jalan kota Balikpapan juga selalu di sapu oleh Pasukan DKPP sehingga jalannya terlihat bersih dan rindang karena banyak di tanam pohon di sekitarnya.
  • Dami / Mandai adalah sebutan untuk kulit cempedak yang di potong2 kemudian di goreng, buah cempedak mulai dari buah, biji, sampai kulit bisa di makan. Buah dan bijinya bisa di buat gorengan di campur dengan tepung, sebutannya sanggar cempedak. Sedangkan kulitnya dipotong2 sekitar 5×5 cm, terus di rendam dengan air buah asam, terus di goreng kalau buah cempedak masih baru di petik dari pohon pasti rasanya gurih sekali. Gimana boskuh tertarik buat mencoba??
  • Kebiasaan menggoreng ikan warga Balikpapan, terutama yang kelahiran kota Balikpapan biasanya sebelum menggoreng ikan selalu di rendam dulu menggunakan air bercampur buah asam yang di kacak. Weitss, jangan ngeres dulu boskuh maksudnya di kacak itu di remas wkwk. Berbeda dengan kebiasaan di jawa yang menggunakan jeruk untuk menghilangkan bau amis ikan.


ini saya lagi di SENGKALING boskuu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *